4 Pilihan Investasi yang Perlu Diikuti Oleh Pemula

  • Whatsapp

Bijak mengatur keuangan pribadi maupun keluarga merupakan dambaan setiap orang, salah satunya dengan menabung atau investasi. Berinvestasi menjadi pilihan bagi sebagian orang untuk merancang masa depan yang lebih baik. Berinvestasilah pada instrumen yang tepat menjanjikan keuntungan agar penghasilan tidak lagi terbuang sia-sia karena membeli barang atau membayar sesuatu yang tidak perlu. Bagi Anda yang baru ingin memulai berinvestasi, mencari contoh investasi yang tepat adalah hal pertama yang patut diperhatikan.

Read More

Investasi adalah Anda tidak menghabiskan semua gaji bulanan untuk membeli barang sesuai keinginan semata, tetapi menyisihkan sebagian gaji untuk Anda tempatkan pada instrumen yang tepat seperti Reksa dana atau Saham.

Memilih instrumen investasi tanpa tahu untuk tujuan keuangan apa dan apa itu diversifikasi, ibaratnya sama dengan Anda membeli obeng kembang tanpa tahu bautnya berbentuk apa, bisa baut minus, plus atau kembang.

Berikut ini merupakan beberapa contoh investasi online yang cocok untuk pemula:

P2P (Peer to Peer)

P2P lending syariah Indonesia adalah contoh investasi online yang mempertemukan secara langsung antara investor yang memiliki dana dengan borrower yang membutuhkan dana pinjaman. Pertemuan tersebut dilakukan secara online lewat teknologi informasi milik platform P2P.

Perusahaan P2P memilih calon peminjam sesuai kriteria dan menetapkan profil risiko peminjam, lalu menempatkan calon peminjam ke platform marketplace P2P di mana investor memilih peminjam yang akan didanai.

Peer to peer memberikan keuntungan investasi sebagai berikut:

1. Return yang ditawarkan lebih tinggi buat investor karena hubungan langsung antara investor dan borrower.

2. Nilai investasi P2P relatif kecil dan terjangkau, karena proses investasi yang paperless dengan bantuan teknologi. Salah satu platform P2P menerima investasi mulai dari Rp 10,000 per pendanaan.

3. Penggunaan teknologi informasi membuat proses investasi di P2P berlangsung online dan efisien.

Yang penting diperhatikan dalam contoh investasi online P2P ini adalah resiko gagal bayar peminjam, yang sepenuhnya ditanggung investor, sementara platform P2P tidak menanggung gagal bayar peminjam.

Saham

Warren Buffet merupakan salah satu orang terkaya di dunia yang dikenal di berbagai literatur finansial khususnya investasi saham. Beliau menempatkan saham sebagai instrumen investasi dengan return paling tinggi.

Saham merupakan instrumen investasi yang paling populer yang diterbitkan dan dijual oleh perusahaan untuk tujuan mendanai aktivitas perusahaan. Saham dibeli oleh orang yang disebut investor. Investor yang memiliki saham berpotensi memperoleh keuntungan menarik, yaitu dividen dan capital gain. Meskipun demikian, ada juga risiko berinvestasi saham yaitu capital loss dan risiko likuiditas

Pergerakkan harga saham diukur oleh Indeks Harga Saham (IHSG). Jika Indeks harga saham naik, artinya secara rata-rata harga saham di pasar mengalami kenaikkan. Begitu pula sebaliknya.

Menariknya lagi, saham adalah instrumen investasi yang bisa Anda lakukan secara online. Ini adalah contoh investasi di bawah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) mengizinkan pembukaan rekening untuk transaksi saham secara online untuk mempersingkat waktu pembukaan rekening serta untuk meningkatkan inklusi jasa keuangan khususnya di bidang pasar modal.

Tabungan Berjangka

Contoh investasi yang satu ini merupakan tabungan dengan bunga diatas bunga tabungan biasa sehingga memberikan keuntungan lebih besar. Di salah satu bank, bunga tabungan berjangka adalah 4.25% setahun. Namun, bedanya tabungan berjangka dengan tabungan biasa adalah dalam tabungan berjangka terdapat komitmen untuk tidak menarik uang di tabungan dalam periode tertentu. Jika menarik uang di tabungan berjangka sebelum masa kontrak selesai, Anda harus membayar denda penarikan ke bank.

Reksa dana

Reksa dana adalah contoh investasi 2021 online yang paling mudah dan dikenal di masyarakat. Anda cukup menempatkan dana di Reksa dana, selebihnya serahkan ke Manajer Investasi untuk mengelola investasi Anda. Kehadiran Fintech membuat proses investasi Reksa dana, yang sudah mudah, menjadi semakin mudah.

Contoh diatas merupakan contoh investasi yang perlu diikuti oleh pemula. Bagi Anda yang tertarik, segera sisihkan dana khusus untuk memulai berinvestasi. Meskipun kecil, asalkan konsisten dan dikelola dengan baik, investasi dapat berkembang pesat dan menjadi aset yang berharga. Semoga contoh investasi di atas bisa membantu Anda yang ragu untuk memulai.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *