Begini Kondisi Perkembangan Bayi Saat Berusia 3 Bulan

  • Whatsapp

Seorang bayi di usia 3 bulan dari sisi perkembangannya memang sangat pesat sekali. Setiap hari dia mendapatkan pengalaman baru, menguasai keterampilan dan kemampuan yang diperlukan, dan juga membawa banyak emosi dan kesenangan yang tak terlupakan kepada orang tua dengan pencapaiannya dalam melakukan sesuatu yang baru.

Read More

Perkembangan Bayi 3 Bulan mulai dengan sadar melihat segala sesuatu yang terjadi di sekitarnya. Dia mulai mendengarkan berbagai suara, dengan cermat memeriksa wajah orang dan benda di sekitarnya.

Menanggapi perhatian orang dewasa, bayi berusia tiga bulan akan sering senyum dan tertawa. Selain itu, anak mulai menunjukkan kemampuan bicara pertama, mengucapkan huruf yang tentu saja akan membuat anda akan semakin senang dan bahagia.

Bagaimana perkembangan fisik bayi berusia tiga bulan

Pada periode ini, bayi bertambah rata-rata 800 gram dimana ini tentu saja jauh kalau dilihat pada masa perkembangan saat masa kehamilan.

Dalam pertumbuhannya, anak usia tiga bulan bertambah 3-4 cm, indikator kepala dan lingkar dada bayi bertambah. Pada periode ini, otak bertambah 40-50 gram. Semua organ dalam dan sistem fungsional anak terus berkembang secara aktif.

Perkembangan mental anak berusia tiga bulan

Dalam tiga bulan, organ komunikatif terus berkembang. Si anak mulai menatap benda-benda yang terang dan tidak bergerak, serta dengan cermat memeriksa wajah orang tua atau orang asing.

Selain itu, bayi usia tiga bulan sudah mampu memusatkan perhatian visual, yakni mengamati benda bergerak. Pada saat yang sama, anak itu mulai memutar kepalanya.

Untuk menentukan tingkat aktivitas visual, Anda bisa mengambil mainan yang cerah dan perlahan memindahkannya dari satu sisi ke sisi lain dengan jarak setengah meter dari mata bayi.

Selain penglihatan, pendengaran terus meningkat. Setelah mendengar suara, anak tersebut mencoba menemukan sumber suara tersebut.

Bayi usia tiga bulan mulai membedakan benda hidup dan benda mati. Misalnya, kalau dibawakan bayi lain itu akan lebih menarik baginya daripada mainan biasa.

Mengamati orang dewasa atau anak-anak lain dengan cermat, seorang anak pada usia 3 bulan di tingkat bawah sadar mulai menganalisis informasi yang dilihatnya. Ini diwujudkan dengan ekspresi wajah dan gerak tubuh. Beberapa bayi pada usia ini, selain tersenyum, dapat tertawa sesekali, dengan lembut atau keras.

Banyak bayi pada usia tiga bulan mulai mengeluarkan suara yang berbentuk senandung atau celoteh. Dengan cara ini, anak menunjukkan emosinya, bereaksi terhadap orang lain, dan mengambil bagian dalam percakapan.

Kemampuan berpikir anak berkembang. Karena ia merasakan dan bereaksi terhadap suasana dalam keluarga, perkembangan mental bayi berusia tiga bulan akan sangat ditentukan oleh lingkungannya. Berkomunikasi di rumah tempat anak kecil berada haruslah dengan kata kata yang baik dan sopan kemudian suasan rumah jangan sampai terlalu bising.

Menangis masih merupakan satu-satunya cara seorang anak dapat berkomunikasi. Karena itu, dia memberi tahu orang tuanya bahwa dia ingin makan, tidur, nyusu, dan lain sebagainya maka dalam kondisi ini menjadi ibu haruslah peka dengan tangisan si anak.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *